Skip to main content

SEARCH ENGINE (Mesin Pencarian)


SEARCH ENGINE

Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).

Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine.




Sejarah Singkat Mesin Pencarian

Search Engine Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Search Engine yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Search Engine Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Search Engine yang utama sampai sekarang ini.

Macam – Macam Mesin Pencarian

A. Google (http://www.google.com)



Google merupakan pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar  video.

Kelebihan :

Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
Tampilan yang sederhana.
Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang  
memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat
menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang  
akan  ditampilkan.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita
artikel, hiburan dll.

Kekurangan :

Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi
bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak
diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem
algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.


B. Mesin Pencarian Yahoo (http://www.yahoo.com)

Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.


Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.




Kelebihan :

Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
Fiturnyanya yang komplit.
 Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan
(help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang  
cukup jelas.

Kekurangan :

Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
Skin untuk Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak




C. Mesin Pencarian MSN  (http://search.msn.com)

Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia. Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.





Kelebihan :

Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

Kekurangan :

Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.



   Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagaimesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
 
1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh
   pengguna Bing.






Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.

Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.



Kelebihan :

  1. Suatu program atau script otomatis yang relatif simple.
  2. Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine.
  3. Fungsi web crawler untuk search engine jauh lebih kompleks bahkan detail
Kekurangan :

  1. Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan.
  2. Secara umum web crawler mengakses sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat dilakukan dengan teknik multi-thread agar optimal.
  3. Konten seperti teks dan metadata akan disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang ditemukan akan disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses berikutnya.



Looksmart adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.

Looksmart adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari. Look Smart  melayani iklan berbasis teks yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol Jaringan.

Kelebihan :

Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks

Kekurangan :

Situs ini merupakan yang termasuk berbayar







Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan lain-lain.

Kelebihan :

Excite memiliki tampilan yang cukup bagus. Bahkan saat kita memasuki situs Excite, disana terdapat beberapa fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari segala sesuatunya, diantaranya ada email, movie, video, news, horoscope, ramalan cuaca, sampai pada lowongan kerja. Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat sedikit memudahkan kita untuk mengetahui segala sesuatunya.

Kekurangan :

Kurang terkenal karena kurang banyak yang tahu




Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).





Kelebihan dari Gigablast :

Terdapat tanggal pelapor (termasuk tanggal diindeks dan tanggal terakhir diubah)
Cached halaman dan link ke Wayback Machine
Termasuk PDF dan jenis file lain dan HTML versi cache dari jenis file lainnya
userfriendly

Kekurangan dari Gigablast :

Kecil operasi dengan database lebih kecil sedikit daripada yang lain yang tidak selalu refresh sesering
Lacks pemotongan, kedekatan, dan fitur pencarian lanjutan

Interface yang kurang atau masih seperti jaman dahulu



AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL adalah Gameline. Pada tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO. Pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum Link.




Kelebihan :

Cepat menemukan apa yang Anda cari di komputer Anda sendiri menggunakan kata-kata kunci dan frase. Jika Anda tidak tahu namanya, anda hanya memerlukan sedikit kata untuk menemukannya .

Kekurangan :


Kecepatan saat membuka masih kurang cepat dan tampilan juga masih belum sempurna.





Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.

Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.
Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.



Kelebihan :

Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti

Kekurangan :

Databasenya kecil
Fitur kurang lengkap
Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil

Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.



www.lycos.com


Merupakan mesin pencari yang diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren di Amerika Serikat. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring – jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.

Kelebihan dari Lycos :

Mampu mencari data dengan cepat Menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.

Kekurangan dari Lycos :

Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena  berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan. dalam pencarian informasi sering tidak spesifik.





Hasil pencarian dari mesin pencari ini adalah kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu pengguna bisa menspesifikasi search engine apa yang ingin pengguna dapatkan hasil pencariannya. Situs ini menawarkan informasi dari mesin-mesin pencari lainnya seperti google, Yahoo, MSN, Gigablast, Flickr, Alexa, Accoona, Pixsy dan Mojeek



Kelebihan dari Zuula :

Memberikan pengguna kemudahan cepat dalam pencarian
Pada meta search engine zuula akan menampilkan pencarian terpisah dalam kategori yang berbeda, yaitu web, images, video, news, blog, jobs.

Kekurangan dari Zuula :


Zuula tidak mempunyai index database sendiri










Comments

Popular posts from this blog

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi adalah suatu hal yang di anggap modern atau canggih Informasi adalah suatu hal yang disampaikan melalui ucapan atau tulisan dan biasanya informasi tersebut dapat berupa umum ataupun khusus. Komunikasi adalah suatu percakapan yang di lakukan oleh dua orang atau lebih. Teknologi informasi dan Komunikasi adalah suatu teknologi yang dikembangkan dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang di khususkan untuk menyampaikan komunikasi dan informasi. Pada jaman dulu orang – orang biasanya menggunakan kaleng yang di hubungkan dengan benang untuk berkomunikasi dengan tetangga mereka. sekarang dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sudah banyak alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.  Berikut Penjelasan singkat Tentang  Pada mulanya seseorang Ingin menyampaikan suatu informasi atau berita dengan cara lisan atau tulisan tetapi dengan adanya kemaju...

Kisah Sukses Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya

Profil dan Biografi William Tanuwijaya. Ia dikenal sebagai Pendiri Tokopedia sebuah situs  marketplace  terbesar di Indonesia bersama Leontinus Alpha Edison. Ia melalui banyak perjuangan berat bersama rekannya dalam membangun tokopedia hingga menjadi besar seperti sekarang. Berikut kisah inspiratif bagaimana perjuangan William Tanuwijaya sebagai Pendiri Tokopedia. Biografi William Tanuwijaya William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya tersebut, dan selama 18 tahun di kampung halamannya. Kuliah di Jakarta Setelah lulus SMA ia kemudian memberanikan diri untuk berangkat ke ibukota yaitu Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Menjadi Penjaga Warnet Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua di kampusnya, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 Malam hingga jam 9 pa...

Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar

Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar ? Sebagai konsumen yang cerdas, kita harus tau cara memilih barang yang bagus dan berkualitas. Begitu juga saat kita hendak membeli gitar, kita harus memilih gitar yang baik dan berkualitas. Sebagai seorang pemula pasti bingung menentukan pilihan  untuk memilih gitar yang baik, jadi tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips berikut agar tidak menyesal nantinya. Berikut  Cara Memilih Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar: 1 .  Tentukan kisaran harga gitar yang mau anda beli. Hal ini yang paling penting untuk diperhatikan. Karena dalam hal finansial tergantung dari kemampuan individu masing-masing. Jika anda mempunyai budget yang cukup anda dapat memilih merk gitar ternama dan otomatis anda mendapatkan kualitas gitar yang bagus. Tapi kalau budget anda minim pilihan gitar juga terbatas. Saran saya ya nabung dulu aja…  2. Tentukan Bahan Gitar Perhatikan jenis bahan kayu yang digunakan untuk gitar tersebut. ...