SEARCH ENGINE
Search Engine (Mesin Pencari) adalah
sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang
tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP),
Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server
dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai
data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil
dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).
Hasil pencarian juga memiliki
variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan
bentuk tampilan lainnya. dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan
yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine.
Sejarah Singkat Mesin Pencarian
Search
Engine Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Search Engine yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Search Engine
Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Search Engine yang utama sampai sekarang ini.
Macam – Macam Mesin Pencarian
Google merupakan pencarian
Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online
& perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry
Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford
dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7
September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Kelebihan
:
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
Lebih
canggih dengan fitur yang dimilikinya.
Tampilan
yang sederhana.
Google
merupakan satu-satunya mesin pencari yang
memilki cach.
Dengan adanya cache ini, si pencari dapat
menghemat waktu
pencarian, karena hasil pencarian yang
akan ditampilkan.
Dapat
mencari segala informasi seperti gambar, berita
artikel,
hiburan dll.
Kekurangan
:
Dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi
bidikan para spamer untuk menampilkan
iklan-iklan yang tidak
diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah
yang ada pada sistem
algoritma Google untuk memaksa iklan mereka
tampil pada halaman
terdepan.
Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
B. Mesin Pencarian Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet
multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.
Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo!
Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo!
Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi
video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web
terbesar di Amerika Serikat.
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang
dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah
semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April
1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan
ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Kelebihan
:
Adanya
fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
Kecepatan
dan kemudahan dalam mencari.
Fiturnyanya
yang komplit.
Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu
katalog web. Link ke menu bantuan
(help) juga
dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang
cukup
jelas.
Kekurangan
:
Loadingnya
membutuhkan waktu yang lama
Satu id
yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
Teralu mudah
untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
Fitur Y!M
masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
Skin untuk
Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
C. Mesin Pencarian MSN (http://search.msn.com)
Microsoft
Network atau MSN adalah layanan situs web
portal yang dimiliki oleh
Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995,
MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows
95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows
Vista. Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail,
Windows Messenger, My MSN dan Download
IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia. Mesin pencari dari
Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet
Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow
pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
Kelebihan :
Mampu mencari
video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
Kekurangan :
Pencarian
dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
Pengguna juga
sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya.
Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di
depannya.
Bing (sebelumnya Live
Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision
engine”) yang bernaung di bawah bendera
Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan
Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live
Search, Windows Live Search, dan MSN
Search. Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei
2009 oleh CEO
Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All
Things Digital di San
Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live
Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli
Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.
Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang
paling banyak dicari oleh
pengguna Bing.
Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan.
Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan langsung
dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan
informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya
adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata
pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web
site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman
web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang
digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar
kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs
dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam
database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap
halamannya.
Kelebihan
:
- Suatu program atau script otomatis yang relatif simple.
- Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan langsung dengan search engine.
- Fungsi web crawler untuk search engine jauh lebih kompleks bahkan detail
Kekurangan
:
- Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan.
- Secara umum web crawler mengakses sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat dilakukan dengan teknik multi-thread agar optimal.
- Konten seperti teks dan metadata akan disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang ditemukan akan disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses berikutnya.
Looksmart
adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997,
Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet
pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi
pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart.
Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan
pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart
adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih
dari 2 milyar query per hari. Look Smart melayani iklan berbasis teks
yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung
dengan beragam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look
Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas
tinggi. Look Smart berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap
kualitas Protokol Jaringan.
Kelebihan
:
Menyediakan
produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan
:
Situs
ini merupakan yang termasuk berbayar
Excite
merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah pilihan
menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite
merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru
dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on
Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula
karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga
dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan
lain-lain.
Kelebihan
:
Excite
memiliki tampilan yang cukup bagus. Bahkan saat kita memasuki situs Excite,
disana terdapat beberapa fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari segala
sesuatunya, diantaranya ada email, movie, video, news, horoscope, ramalan
cuaca, sampai pada lowongan kerja. Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat
sedikit memudahkan kita untuk mengetahui segala sesuatunya.
Kekurangan
:
Kurang
terkenal karena kurang banyak yang tahu
Kelebihan dari Gigablast :
Terdapat tanggal pelapor (termasuk tanggal diindeks
dan tanggal terakhir diubah)
Cached halaman dan link ke Wayback Machine
Termasuk PDF dan jenis file lain dan HTML versi
cache dari jenis file lainnya
userfriendly
Kekurangan dari Gigablast :
Kecil operasi dengan database lebih kecil
sedikit daripada yang lain yang tidak selalu refresh sesering
Lacks pemotongan, kedekatan, dan fitur
pencarian lanjutan
AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control
Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL adalah Gameline. Pada
tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi
kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi
konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh
Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai
Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff
sebagai CTO. Pada
tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan
Commodore 128 dengan nama Quantum Link.
Kelebihan
:
Cepat
menemukan apa yang Anda cari di komputer Anda sendiri menggunakan kata-kata
kunci dan frase. Jika Anda tidak tahu namanya, anda hanya memerlukan sedikit
kata untuk menemukannya .
Kekurangan
:
Kecepatan
saat membuka masih kurang cepat dan tampilan juga masih belum sempurna.
Ask
yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin
pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di
California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya
mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih
banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan.
Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban
terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google,
user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan
sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih
relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web,
images, dsb.
Ask.com
awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman
pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan.
Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya
Wodehouse PG.
Ide
asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta
kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini,
dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.
Kelebihan
:
Keunggulan
utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
Keunggulannya
adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
Lebih
canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil
pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
Background
dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
Kekurangan
:
Databasenya
kecil
Fitur
kurang lengkap
Dari
segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
Pencarian
kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
Tidak
adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
Kelebihan dari Zuula :
Memberikan pengguna kemudahan cepat dalam pencarian
Pada meta search engine zuula akan menampilkan pencarian terpisah dalam kategori yang berbeda, yaitu web, images, video, news, blog, jobs.
Kekurangan dari Zuula :
Zuula tidak mempunyai index database sendiri
www.lycos.com
Merupakan mesin pencari
yang diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren di Amerika Serikat. Lycos
adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat
bergerak sangat cepat. Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi
website (jaring – jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet
untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat
dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan
portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam
arti yang luas.
Kelebihan dari Lycos :
Mampu mencari
data dengan cepat Menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi
kalangan remaja. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman
depannya.
Kekurangan dari Lycos :
Untuk mencari
berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di
halaman depan. dalam pencarian informasi sering tidak spesifik.
Hasil pencarian dari
mesin pencari ini adalah kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu
pengguna bisa menspesifikasi search engine apa yang ingin pengguna dapatkan
hasil pencariannya. Situs ini menawarkan informasi dari mesin-mesin pencari
lainnya seperti google, Yahoo, MSN, Gigablast, Flickr, Alexa, Accoona, Pixsy
dan Mojeek
Kelebihan dari Zuula :
Memberikan pengguna kemudahan cepat dalam pencarian
Pada meta search engine zuula akan menampilkan pencarian terpisah dalam kategori yang berbeda, yaitu web, images, video, news, blog, jobs.
Kekurangan dari Zuula :
Zuula tidak mempunyai index database sendiri
Comments
Post a Comment